Dataran Merdeka Berselawat 2013

Dataran Merdeka Berselawat 2013

Isnin, 25 Januari 2010

Dua Pendidik Sejati

Dua Pendidik Sejati












Dua Pendidik Sejati: Al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad Bilfaqih dan Prof. Dr. Al-Habib Abdullah bin Abdul Qadir Bilfaqih. Nasab mereka berasal dari hamba yang paling mulia, Rasulullah SAW. Jejak dan perbuatan mereka pun selalu berada di atas jalan Rasulullah SAW. Mereka juga sama-sama ahli hadits, guru, dan pendidik yang tak kenal lelah. Kehidupan mereka sepenuhnya dicurahkan untuk mencetak kader-kader Islam yang andal.





Pernah suatu ketika di saat menuntut ilmu, Habib Abdul Qadir ditegur dan diperingatkan gurunya, padahal ketika itu ia berada pada pihak yang benar. Setelah memahami bahwa sang murid benar, gurunya pun meminta maaf. Namun, Habib Abdul Qadir berkata, “Wahai guruku, andaikan engkau memukulku, sedang aku ada di pihak yang benar, aku rela dan tak ada rasa dendam sedikit pun dalam diri ini.”



Begitu pula dengan Habib Abdullah. Pada usia 7 tahun, ia telah hafal Al-Quran, dan pada usia sekitar 20 tahun telah mampu menghafal kitab hadits Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim lengkap dengan matan dan sanadnya yang bersambung hingga Rasulullah.



Kedua habib ini adalah ayah dan anak yang sama-sama berjuang berdakwah mensyiarkan Islam. Meski beda generasi, mereka bahu-membahu membangun lembaga pendidikan yang kini cukup berpengaruh, yaitu Pondok Pesantren Darul Hadis Al-Faqihiyah Li Ahlussunnah waljama’ah, Malang.



Kini mereka memang telah tiada. Tapi warisan, jejak karamah, serta ilmunya tetap abadi. Majelis-majelis yang mereka rintis pun tetap berjalan dan bahkan berkembang. Makam mereka tak pernah sepi dari para peziarah. Setiap haul, ribuan manusia menghadiri. Mereka tidak sekadar berziarah, tapi juga mengharap berkah.



Penulis: Abdul Qadir Umar Mauladdawilah

Penerbit: Pustaka Basma

Harga: Rp. 22.500.00,-





Pesan Segera!

Hubungi bagian Sirkulasi Majalah alKisah

Jalan Pramuka Raya No. 410, Jakarta 13120

Telp. 021-856. 2257/ 8590. 0947

Fax: 021-8590.0947

e-mail: alkisah_online@yahoo.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan