Dataran Merdeka Berselawat 2013

Dataran Merdeka Berselawat 2013

Isnin, 31 Oktober 2011

Beramal dengan Hadits Daif

Beramal dengan Hadits Dla'if


Beramal dengan Hadits Dla'if

Oleh: Abu Abdillah

Penerbit: Pustaka Ta'awun

Tebal: 178 + xi hal.

Harga: Rp. 25.000,-


Ketika para ulama hadits menilai sebuah hadits sebagai dla'if, ini berarti bahwa penelitian mereka tidak sampai pada kesimpulan bahwa hadits tersebut maudlu'. Sehingga komentar -dengan nada meremehkan- yang sering dilontarkan oleh sebagian kalangan dalam perdebatan tentang masalah-masalah tertentu dengan mengatakan : "Hadits-nya dla'if (lemah)" tanpa melihat masalah apa yang dibicarakan, ini adalah tindakan gegabah. Sebab mayoritas para ulama hadits dan ahli hadits membolehkan beramal dengan hadits dla'if dalam Fadla-il al A'mal dan semacamnya.

Tulisan ini secara argumentatif dan didukung dengan data-data dan penegasan langsung para ahlul Fann; para huffazh dan ahli hadits dari karya-karya induk dalam ilmu hadits, sampai pada kesimpulan bahwa beramal dengan hadits dla'if dengan syarat-syaratnya adalah pendapat mayoritas para ulama dan ahli hadits, ini adalah fakta ilmiyah yang tidak bisa dipungkiri.

Pada bagian ke dua tulisan ini diturunkan beberapa contoh hadits dla'if yang diamalkan oleh para ulama dalam Fadla-il al A'mal, sehingga lebih memudahkan untuk memahami kaedah dan teori yang dijelaskan pada bagian pertama.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan