Dataran Merdeka Berselawat 2013

Dataran Merdeka Berselawat 2013

Khamis, 30 September 2010

Madzhab Al-Asy'ari: Benarkah Ahlussunnah Wal-Jama'ah? Jawaban Terhadap Aliran Salafi

Madzhab Al-Asy'ari: Benarkah Ahlussunnah Wal-Jama'ah? Jawaban Terhadap Aliran Salafi



Madzhab Al-Asy'ari: Benarkah Ahlussunnah Wal-Jama'ah?
Jawaban Terhadap Aliran Salafi

Ustaz.Muhammad Idrus Ramli
Penerbit Khalista & LTN NU
RM28.00

"Seiring dengan arus globalisasi yang menawarkan banyak wacana, pemikiran dan bahkan ideologi yang tidak jarang bersinggungan dengan ranah ideologi kaum nahdliyyin (ahli Nahdlatul Ulama'), melahirkan berbagai problem yang harus dihadapi dan diberikan jawabannya secara cerdas dan ilmiah.

"Kalau memang Nahdlatul Ulama mengklaim mengikuti madzhab Ahlussunnah Wal-Jama'ah, mengapa mengikuti madzhab al-Asya'ari, kok tidak mengikuti madzhab ulama salaf yang saleh saja yang memang benar-benar Ahlussunnah Wal-Jama'ah?"

"Apakah dalil-dalil yang menunjukkan bahwa madzhab al-Asya'ari itu Ahlussunnah Wal-Jama'ah atau al-firqah al-najiyah?"

"Mengapa Ahlussunnah Wal-Jama'ah hanya mewajibkan mengetahui sifat dua pulu yang wajib bagi ALlah? Bukankah dalam al-Asma'al sifat Husna sendiri, nama-nama dan sifat-sifat ALlah berjumlah sembilan puluh sembilan?"

Tiga pertanyaan menggelitik itu datang pada penulis di forum Seminar. Pertama, dari peserta yang tampaknya beraliran Salafi. Kedua, walaupun lebih baik dari pertanyaan sebelumnya, namun juga menunjukkan bahwa pasa saat ini, hal-hal yang sebenarnya dianggap sebagai ideologi dan keyakinan di kalangan masyarakat, ternyata seringkali digugat kebenarannya. Ketiga, tampak semacam gugatan yang bernada filosofis.

Kalau pertanyaan-pertanyaan itu tidak segera dijawab akan memunculkan pertanyaan berantai. Sebab, kesimpulan yang bisa ditangkap dari pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah bahwa madzhab al-Asy'ari tidak mengikuti ajaran ulama salaf yang saleh, dan pada gilirannya Nahdlatul Ulama bukan Ahlussunnah Wal-Jama'ah?

Nah, dari berbagai pertanyaan itulah buku ini disusun. Di sini sarat akan kajian sejarah, metodologi, sistematika, profil tokoh, ulasan kitab, kesaksian dan pengakuan para ulama, serta dalil-dalil madzhab al-Asy'ari.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan